Monday, April 30, 2018

Teater Talchum Pentas Asli Korea Selatan

Teater Talchum Pentas Asli Korea Selatan

Teather Talchum Pentas Asli Korea Selatan

AksiKorea. - Talchum adalah pertunjukkan tradisional Korea yang dipertunjukkan oleh beberapa orang yang mengenakan topeng dan kostum untuk memainkan sebuah lakon lewat tarian, dialog dan lagu.

Pertunjukkan kesenian ini dianggap sebagai bentuk representatif teater tradisional dan dipentaskan di seluruh Korea. Asal mula talchum diperkirakan berawal dari gut yang diselenggarakan di tingkat desa (burakgut) untuk memohon panen yang baik dan kesejahteraan rakyat desa. Namun, serupa dengan sebagian besar kesenian rakyat Korea yang lain, tidak ada catatan tertulis mengenai sejarah dan asal pertunjukkan ini. Tulisan yang menuliskan tentang talchum baru dimulai pada abad ke-20, karena beragamnya improvisasi sehingga sulit untuk membuat catatan yang jelas atau tepat.

Karena tidak adanya catatan resmi yang akurat, asal dan sejarah talchum dapat ditelusuri dari dialog para tokoh dan lakon yang mereka mainkan. Sejarawan meyakini asal talchum adalah dari kesenian yang berkaitan dengan Shamanisme, gisaeng (penghibur), kelompok musik petani ataupun kombinasi ketiganya. Namun, kemungkinan kesenian ini telah dimainkan sejak abad ke-13. Talchum mulai berkembang pesat pada abad ke-17 – 19 periode Dinasti Joseon yang memfokuskan cerita pada tema rakyat dan kemanusiaan yang digemari oleh rakyat jelata.

Penelitian data karbon menunjukkan bahwa topeng Hahoe, salah satu jenis topeng dalam pementasan talchum dari Gyeongsang, dibuat pada abad ke-13. Sebagian besar tari topeng yang terkenal berasal dari kota-kota seperti Yangju, Bongsan, Tongyeong dan Suyeong.

Tarian dan Alat Musik
Menari adalah bagian penting dalam talchum. Musik dimainkan selama pertunjukkan oleh kelompok musik petani dengan 9 jenis alat musik yakni geomungo (kecapi 6 senar), gayageum (kecapi 12 senar), hyangbipa (mandolin), genderang besar, genderang panjang, haegeum (rebab bersenar 2), piri (suling) dan 2 taepyeongso (terompet).

Topeng
Topeng Korea dinamakan Tal, namun juga dikenal dengan nama-nama lain seperti gamyeon, gwangdae, chorani, talbak dan talbagaji.Topeng Korea memiliki kain hitam yang tersambung dibelakangnya yang dibuat untuk melapisi kepala atau sebagai rambut hitam

Talchum Dasri Korea Utara
Sendratari topeng yang berasal dari Korea Utara diisebut talchum yang juga digunakan sebagai nama umum untuk keseluruhan jenis tari topeng di Korea. Sendratari topeng pesisir barat dari provinsi Hwanghae memiliki sedikit perbedaan dengan sendratari dari daerah lain.Tokoh yang dimainkan antara lain delapan biksu berwajah hitam, biksu kepala, orang muda dan orang tua, bangsawan dan nenek Miyal. Ciri khas tari topeng Korea Utara adalah gerakannya yang lincah dan cepat serta mengenakan selendang panjang di tangan.

Yayu dan Ogwangdae
Yayu (sendratari topeng lapangan) dan Ogwangdae (sendratari topeng lima badut) adalah jenis tari topeng yang berasal dari wilayah selatan Semenanjung Korea, masing-masing dipertunjukkan di sebelah timur dan barat aliran Sungai Nakdong. Kedua jenis pementasan sendratari ini kurang berkaitan dengan praktik gut karena memang bertujuan untuk menghibur. Kelompok yang mempertunjukkan sendratari ini dinamakan Daegwangdaepae yang menghibur rakyat di sepanjang aliran Sungai Nakdong. Kelompok ini menghibur dalam berbagai festival desa dan menyerap banyak karakter lokal.

0 comments:

Post a Comment